Temu Penyuluh, Fasilitator Desa, dan Petani Binaan READSI Bersama Pj. Bupati Kolaka Utara

  • Jun 25, 2024
  • by muh safwan dewangga

Temu Penyuluh, Fasilitator Desa, dan Petani Binaan READSI Bersama Pj. Bupati Kolaka Utara

Kolaka Utara, Selasa, 11 Juni 2024 - Pada hari ini, telah dilaksanakan kegiatan temu penyuluh, fasilitator desa, dan petani binaan dalam rangkaian program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (READSI) bersama Penjabat (Pj.) Bupati Kolaka Utara. Program READSI yang dimulai sejak tahun 2018 ini menyasar 18 desa di wilayah Kolaka Utara dengan fokus pada pengembangan berbagai komoditas seperti kakao, padi, jagung, hortikultura, serta perkebunan dan peternakan lainnya.

Dalam acara ini, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura( Drs. Nusbah Nuhung), memaparkan berbagai program dan capaian yang telah diraih selama pelaksanaan READSI. Beliau menekankan bahwa konsep bantuan yang diberikan dalam program ini ditanggung bersama antara READSI dan para petani, sehingga tercipta kolaborasi yang baik dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Pj. Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, secara resmi membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa program bantuan luar negeri yang relatif lengkap ini sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat. Program ini sejalan dengan berbagai program pemerintah, termasuk upaya penuntasan stunting yang merupakan dampak dari rendahnya tingkat kesejahteraan. "Saya dan tentu masyarakat berharap program ini tetap berlanjut," ujarnya.

Kegiatan ini bertempat di Kantor BPP Kodeoha Desa Kalu Kaluku dan ditutup dengan sesi tanya jawab antara kelompok tani dan para penyuluh serta fasilitator desa, yang diharapkan dapat memperkuat komunikasi dan sinergi dalam implementasi program Pemerintah ke depannya.